Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas

Main Article Content

Nur Radiah
Zahratal Ain
Nur Oktaviani

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien dengan melihat dimensi kualitas pelayanan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi kualitas pelayanan kefarmasian diantaranya kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti langsung (tangible). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan yang datang berobat ke Puskesmas. Sampel yang digunakan adalah 95 pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas dengan nilai rata-rata persentase yaitu 84,83% dengan kategori puas.

Article Details

How to Cite
Radiah, N., Ain, Z., & Oktaviani, N. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Farmasi, 10(1), 32 - 34. https://doi.org/10.51673/jikf.v10i1.1090
Section
Articles

References

Apriyani, D,A., dan Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.
Datuan, dkk., 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar, JKMM (online) 3(1), hal. 291-300.
Einurkhayatun, dkk. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017.
Kementrian Kesehatan. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Departemen Kesehatan RI. Jakarta
Pribadi, dkk., 2016, Penetapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Magelang, Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, Vol. II, No. 1, September 2016.
Murni, N., Asriwati, & Nur’aini. (2017). Jurnal Kesmas Prima Indonesia. 4(1), 9- 15 Penerbit: Ghalia Indonesia
Sanah, Nor (2017). Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. eJournal Ilmu Pemerintahan- Vol.05/N0.1, 1-10