Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Pra Sekolah di TK NW Mataram

Main Article Content

Sofian Hadi
Muhlisin M

Abstract

Percaya diri merupakan salah satu pangkal dari sikap dan perilaku anak. Apabila anak tidak mempunyai rasa percaya diri, anak akan merasa malu kapan dan dimana saja bila dia tampil, dan tidak berani untuk bergaul, anak juga tidak berani untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya Kepada orang lain.Dari Jumlah murid TK NW Mataram yaitu 30 orang anak terdapat sebagian anak yang masih memiliki sikap pemalu dan kurang percaya diri untuk bisa tampil di depan kelas dan masih ada anak yang harus di temani oleh orang tua selama di sekolah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh orang tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak usia Pra Sekolah TK NW Mataram. Penelitian ini menggunakan desain survey analitik. Dengan pendekatan cross sectional yaitu suatu penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa suatu fenomena terjadi dan untuk mempelajari dinamika korelasi antar variable penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak usia pra sekolah di TK NW Mataram sebanyak 30 orang dengan tehnik pengambilan sample secara total sampling yaitu semua populasi di jadikan sample penelitian.
Dari hasil analisa data dengan menggunakan korelasi Rank Spearman dengan alat bantu SPSS versi 16 menunjukkan bahwa “ Ada Hubungan yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak usia Pra Sekolah Di TK NW Mataram.” Dengan nilai p < α (0,00< 0,05).

Article Details

How to Cite
Hadi, S., & M, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Pra Sekolah di TK NW Mataram. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Farmasi, 1(1), 16-18. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/jikf/article/view/113
Section
Articles