Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa di MAN 2 Mataram (Studi Tentang Optimalisasi Layanan Perputakaan)

  • M. Nasuhi

Abstract

Pendidikan menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan dan meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat berfungsi disegala bidang. Dalam menunjang peningkatkan kulitas pendidikan yakni dengan gemar membaca dan Penyedian perpustakaa yang seuai baik perpustakaan umum, maupun perpustakaan secara khususnya yang disediakan oleh sekolah, Dengan adanya perpustakaan yang dijadikan sebagai sumber informasi yang bisa diperoleh oleh pengajar, guru, pelajar dan siswa siswi, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui keberadaan perpustakaan sekolah. Perpusatakaan memiliki peran penting terhadap perkembangan ilmu pengatahuan, sehingga pemerintah terus berupaya dalam memenuhi kebutuhan perpustakaan disetiap sekolah. Metode Penelitaian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan teknik wawacara dan obervasi secara mendalam dengan nara sumber. Hasil Peneliti keberadaan perpustakaan yang memadai, menjadi tanggung jawab masing-masing lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan Negeri ataupun suwasta terkait persoalaan kondisi perpustakaan yang sudah di siapkan di MAN 2 Mataram sangat baik, bagimanapun perpustakaan khusnya di MAN 2 Mataram sudah menasional, sedangkan persoalan kendala yang dihadapi harus sesering mungkin melakukan evaluasi sehingga kita tau dimana kelemahan dan kekurangan yang perlu di lakukan perubahan secara berkala. Tranformasi setidaknya selalu menjadi landasan dalam upaya melakukan perubahan dan semangat untuk memberikan kepercayaan kepada siswa siswi agar memiliki semangat dalam hal membaca dengan melakukan inovasi sesuai dengan tuntutan global.

Published
2019-10-12
How to Cite
Nasuhi, M. (2019). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa di MAN 2 Mataram (Studi Tentang Optimalisasi Layanan Perputakaan). Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 3(2), 31-41. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/394