Identifikasi Kualitas Pelayanan Petugas Kebersihan Terhadap Kepuasan Keluarga Pasien

(Studi Kasus di RSUD Dr. Raden Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur)

  • Huldi Huldi

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Raden Soedjono Selong merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan RSUD menimbulkan berbagai dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak negatif adalah rumah sakit menghasilkan sampah, yaitu sampah medis dan sampah non medis. Apabila keberadaan sampah tersebut tidak dikelola dengan baik dan benar, akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat rumah sakit maupun sekitar rumah sakit.

Keberhasilan pengelolaan sampah ditentukan banyak faktor, salah satunya adalah perilaku petugas kebersihan. Tanggapan responden terkait kualitas pelayanan petugas kebersihan dirasakan belum maksimal sehingga membuat pasien dan keluarga pasien merasa jenuh dan mengeluh terhadap pelayanan petugas kebersihan yang tidak diketahui posisinya sehingga pelayanan dirasa kurang memuaskan. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan petugas kebersihan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di RSUD Dr. Raden Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan disimpulkan bahwa kualitas pelayanan petugas kebersihan di RSUD dr, Raden Soedjono Selong sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya responden menjawab bahwa kualitas pelayanan petugas kebersihan sudah sangat baik dan dibutuhkan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang setiap saat. Kualitas pelayanan petugas kebersihan diharapkan untuk tetap melakukan kontrol terhadap kebersihan lingkungan pada setiap ruang sehingga pasien merasa puas. Dengan demikian tentu petugas kebersihan juga harus memiliki sumber daya yang handal dan pelayanan yang optimal dalam memberikan pelayanan kebersihan kepada pasien dan keluarga pasien karena akan sangat mempengaruhi kepuasan pasien di RSUD Dr. Raden Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur.

Penelitian ini menyarankan petugas kebersihan diharapkan selalu mengontrol masing-masing ruangan untuk memastikan ruangan terbebas dari sampah. Direktur RSUD dr. Raden Soedjono Selong hendaknya menambah jumlah personil  petugas  kebersihan  agar  lebih  maksimal  dalam  proses  pelayanan kebersihan selanjutnya kebijakan pelayanan petugas kebersihan yang lebih efektif dalam meningkatkan kulaitas pelayanan sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pasien.

Published
2018-10-10
How to Cite
Huldi, H. (2018). Identifikasi Kualitas Pelayanan Petugas Kebersihan Terhadap Kepuasan Keluarga Pasien. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 2(02), 20-25. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/598