Pemenuhan Kepentingan Gender Balance Melalui Sekolah Perempuan

Studi Kasus di Desa Bagik Payung Timur Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur

  • Herlina Ainun Zuhrriyati
  • MAZ Ilmam

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pemenuhan kepentingan gender melalui sekolah perempuan di desa bagik payung timur kecamatan suralaga dan hambatan yang di hadapi oleh anggota sekolah perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualtiatif dengan teknik pengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam pada perempuan desa, perangkat desa, tokoh masyarakat perempuan desa bagik payung timur dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam melihat fenomena pemenuhan kepentingan gender melalui sekolah perempuan desa bagik payung timur ini dengan Teori Feminisme Liberal dan teori Fungsionalisme Struktural sebagai teori pendukungnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pemenuhan kepentingan perempuan desa melalui Sekolah Perernpuan yang ada di Desa Bagik Payung Timur, Kecamatan Terara, Kahupaten Lombok Timur. Sekolah Perempuan bagik payung timur ada sejak tahun 2017 yang dinaungi oleh LPSDM (Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra) Penyadaran kritis dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan perempuan desa. Hasil yang dipeloleh bahwa penyadaran kritis yang dilakukan oleh gerakan sekolah perempuan dapat memenuhi kepentingan gender praktis maupun strategis. Kepentingan gender praktis melalui sekolah perempun meliputi kemampuan baca dan tulis, pelatihan-pelatihan, kesehatan reproduksi, asupan materi. kepentingan gender strategi di sekolah perempuan meliputi, meningkatkan daya tawar perempuan desa, diskusi kampung, simpan pinjam, serta advokasi pembangunan desa yang reponsif gender.

Published
2021-06-09
How to Cite
Zuhrriyati, H., & Ilmam, M. (2021). Pemenuhan Kepentingan Gender Balance Melalui Sekolah Perempuan. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 5(01), 9-20. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/645