Inovasi Sanitary Landfill dalam Penanganan Sampah Serta Kebersihan Dusun Maju Wet di Desa Bintang Rinjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur

  • Siti Fatimah
  • Lalu Moh. Nazar Fajri

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang tidak dapat dihindari dengan adanya penduduk. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan peningkatan aktifitas penduduk yang berarti juga dapat meningkatkan jumlah timbulan sampah, hal ini disebabkan karena banyaknya sumber sampah yang bermunculan seperti di perumahan, tempat wisata, dan fasilitas umum lainnya yang dapat menyebabkan volume sampah bertambah.

Dengan menganalisis sampah yang dihasilkan oleh aktivitas warga. di Desa Bintang Rinjani Dusun Majuwet, sistem pengelolaan sampah yang tersedia masih terbatas dan masih mengandalkan lahan kosong tempat pembuangan sampahnya dan TPS disana masih kurang baik serta kondisi pewadahan sampah yang ada di DesaBintang Rinjani Dusun Majuwet masih tercampur atau tanpa pemilahan, sehingga masyarakat yang membuang sampahnya belum dapat melakukan pemilahan untuk berbagai sampah organik dan anorganik.

Jadi di DesaBintang Rinjani Dusun Majuwet memerlukan upaya optimalisasi dalam proses pengelolaan sampah yang di tinjau berdasarkan timbulan dan karakteristik sampah dan kondisi lahan. Jadi dari permasalahan tersebut dapat dilakukan analisa dari kondisi eksisting pengelolaan sampah di desa tersebut, maka di dapatkan kebutuhan sarana dan prasarana masih kurang baik, sehingga muncul permasalahan sampah di lokasi penelitian yaitu masih kurangnya pelayanan TPS dan pewadahan sampah di setiap sumber.

Berdasarkan kondisi eksisting, masyarakat masih mengikuti kebiasaan membuang sampah di sungai dan membuang sampahnya di lahan kosong. Maka dari itu perlu di optimalkan pengelolaan sampah di DesaBintang Rinjani Dusun Majuwet dengan penambahan sistem pewadahan dan pengumpulan sampah yang sesuai dengan keadaan lokasi, sehingga sistem pewadahan dan pengumpulan sampah menjadi efektif.

Published
2021-06-09
How to Cite
Fatimah, S., & Nazar Fajri, L. (2021). Inovasi Sanitary Landfill dalam Penanganan Sampah Serta Kebersihan Dusun Maju Wet di Desa Bintang Rinjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 5(01), 28-38. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/647