Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKS Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan LKS terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bima yang berjumlah 259 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-8 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matematika siswa. Analisis uji coba instrumen meliputi validasi, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levens dengan taraf signifikansi 0,05. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari tes akhir dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji independent t test pada signifikansi 5% dimana diperoleh hasil t hitung = 3,838 dengan p-value (Sig. (2-tailed)) = 0,0001 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya bahwa ada pengaruh postif model pembelajaran discovery terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
References
Prosiding Seminar Nasional Matematika (170-179). Surakarta Effendi, L.A..2012. “Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), Vol. 13 No. 2 (http://jurnal.upi.edu/file/ Leo_Adhar.pdf, Diakses 19 November 2013).
Hadiningsih, E.R.2009.Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
Harja.2012. Pemahaman Konsep Matematis. Prosising Seminar Nasional FKIP Universitas Sriwijaya (3-4).Sriwijaya.
Jamaluddin, M., Asma, J., & Kurniasari,I. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Teorema
Pythagoras. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Surabaya Program Studi Matematika, (Online). (http://dokumen.tips/documents/kemampuan-komunikasimatematika-siswa-dalam-pembelajaran-penemuan-terbimbing.html#, Diakses 19 November 2015).
Karim, A.2011.”Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), Edisi Khusus No. 1 (http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf, Diakses 19 November
2015).
Santrock, J.W.2007.Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana
Skemp, R.”tanpa tahun”. Psikologi Pembelajaran Matematika. Terjemahan oleh Widodo,S.2009. Kediri Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2021 Dewi Silviana, Dwi Novitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.png)







