PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

APPLICATION OF THINK PAIR SHARE (TPS) LEARNING MODEL BASED ON LESSON STUDY (LS) TO IMPROVE MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES OF CLASS VIII STUDENTS

  • Nurmiati Nurmiati
Keywords: think pair share, lesson study, motivasi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 7,2%. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 76,49, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88.88%.

Published
2019-04-15
How to Cite
Nurmiati, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII. PENBIOS: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI DAN SAINS, 3(01), 8-15. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/view/100