KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) DIPADU DENGAN PENGAJARAN INDIVIDUAL PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI TAHUN AKADEMIK 2018/2019 DI TADRIS BIOLOGI IAIN TULUNGAGUNG
STUDY OF THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) MODELS WITH INDIVIDUAL TEACHING IN SUBJECTS DEVELOPMENT OF BIOLOGICAL TEACHING MATERIALS IN ACADEMIC YEAR 2018/20 IN TADRIS BIOLOGY IAIN TULUNGAGUNG
Abstract
Tujuan dalam kajian ini adalah mengungkapkan fakta-fakta inspiratif dari pembelajaran mata kuliah pengembangan bahan ajar biologi (PBAB). Subjek penelitian ini ialah seluruh mahasiswa tadris biologi semester 5 tahun akademik 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan cara menganalisis sumber data yang berkaitan dengan subjek meliputi: rekapitulasi hasil penilaian kinerja mahasiswa; produk pengembangan bahan ajar; dan catatan bimbingan penyelesaian produk/bahan ajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model pengembangan berbasis proyek dengan dipadu pengajaran individual, mampu mengarahkan mahasiswa memiliki kompetensi antara lain: (1) merencanakan proyek penyusunan bahan ajar biologi secara sistematis dan terjadwal; (2) mendeskripsikan bahan ajar biologi yang valid, praktis dan menarik; (3) mengevaluasi bahan ajar berdasarkan kegunaan, kelengkapan, dan kemenarikannya; (4) mengkomunikasikan bahan ajar secara kongkrit tentang keunggulannya serta kesediaannya menerima kritik dan saran perbaikan bahan ajar; (5) terbentuknya sikap disiplin, ulet, gigih, sabar, ketelitian dalam proses menghasilkan bahan ajar yang ideal.







