Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Gerak Pada Manusia Mata Pelajaran IPA MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017

The Effect Of Card Sort Method On Student Achievement In Class Vii Subject Matter Sains Mts Nw Semaya Lessons Year 2016/2017

Keywords: metode card sort, prestasi belajar, IPA

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quase experiment dengan populasinya adalah siswa kelas VIII  MTs NW  Semaya yang jumlah keseluruhannya 40. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIIIA  berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional  dan kelas VIIIb berjumlah 20 orang sebagai kelas eksprimen yang diberi perlakuan metode card sort. Analisis data menggunakan Anava yang sebelumnya instrumennya telah diuji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperiment (83,25) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (63,25). Hasil pengujian hipotesis, yaitu nilai F-hitung lebih besar dengan nilai  F-tabel (39,718 > 4,10) yang artinya bahwa ada pengaruh metode Card Sort terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017.

Published
2018-11-29
How to Cite
Jannah, M., & Zulhariadi, M. (2018). Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Gerak Pada Manusia Mata Pelajaran IPA MTs NW Semaya Tahun Pelajaran 2016/2017. PENBIOS: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI DAN SAINS, 2(01), 17-24. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/view/88