Kinerja Aparatur Dalam Meningkatkan Pelayanan di Kantor Camat Sukamulia Kabupaten Lombok Timur

  • Toharah Toharah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparatur dalam meningkatkan pelayanan di sebuah kantor dinas Kecamatan Sukamulia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian digunakan adalah diskriftif kualitatif, penelitian diskriftif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengambarkan dan mendiskrifsikan peristiwa maupun phenomena yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dijelaskan bahwa epektivitas pelayanan umum dari aparat pemerintah terhadap orga masyrakat penguna jasa pelayanan terlepas dari pengaruh kualitas disiplin kerja aparat pemerintah setempat. Dengan kualitas disiplin kerja aparat pemerintah yang memadai, maka birokrat ditingkat dinas mampu memberikan pelayanan kepada masyrakat secara epektif. Proses pelayanan umum cenderung ditentukan oleh tingkat disiplinan aparat dalam melayani kepengtingan masyarakat. Adanya disiplin kerja yang baik akan menciptakan intraksi yang harmonis, baik antara aparat dengan sesama aparat birokrasi maupun antara aparat denga masyrakat. Sesuai denga prosedur diatas yang telah ditetapkan masyrakat mengiginkan agar adanya perbaikan kualitas dalam pelaksanaan pelayanan. Hal ini dapat dilihat dengan jelas dari hasil wawancara yang rata-tara memberikan masukan agar proses pelayanan lebih mengutamakan kualitas dan kuantitas bagi kepuasan masyrakat.

Published
2022-10-25
How to Cite
Toharah, T. (2022). Kinerja Aparatur Dalam Meningkatkan Pelayanan di Kantor Camat Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 7(01), 14-20. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/index.php/sikap/article/view/1200