ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK DANA KUR

Studi Pada PT. Pegadaian Persero Cabang Masbagik

  • Mourris Sagara
  • Lalu Azmi

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui analisis strategi pemasaran produk dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk dana kur. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk dalam meningkatkan minat nasabah pada PT Pegadaian dalam pemasaran yaitu pertama dengan strategi pemasaran melalui penyebaran brosur, canvassing, door to door, call calling, direct selling dengan melakukan promosi ke tempat yang berbeda misalnya sekolah-sekolah, perkantoran, pasar, jalan raya, ini bertujuan menyampaikan informasi kepada nasabah agar nantinya nasabah dapat mengenal produk-produk yang ada di pegadaian. Kendala Pegadaian dalam memasarkan produk untuk meningkatkan minat nasabah ada beberapa, diantaranya promosi yang dilakukan kurang, kurangnya sosialisasi, terbatasnya biaya operasional. Dan anggapan masyarakat bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan uang. 

Published
2024-04-25
How to Cite
Sagara, M., & Azmi, L. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK DANA KUR. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 11(01). Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/2648