Strategi Komunikasi Pemasaran “Indahjeje_” dalam Menarik Minat Pembeli Melalui Instagram di Masa Pandemi Covid-19

  • Hamdi Hamdi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Abstract

Penggunaan media Instagram merupakan salah satu strategi andalan yang digunakan oleh Indahjeje_ dalam mempromosikan barangnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Indahjeje_ melalui Instagram di masa pandemi covid-19 dan bagaimana strategi komunikasi pemasaran Indahjeje_ berdasarkan analisis teori difusi inovasi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Indahjeje_ melalui Instagram pada masa pandemic covid-19 dan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Indahjeje_ berdasarkan analisi steori difusi inovasi.

Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisis strategi komunikasi pemasaran produk yang di lakukan oleh Indahjeje_ melalui akun Instagramnya, dan peneliti melakukan penelitian dengan mengamati aktivitas Indahjeje_ melalui akun Instagramnya mulai dari follower, postingan, komentar, endoersment, hingga pemasaran lainnya yang dilakukan oleh Indahjeje_. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu Indah Januarti dan beberapa narasumber yang merupakan owner dari Indahjeje_ dan sumber data sekundernya yaitu berupa dokumen Indahjeje_. Peneliti mendapat data-data yang terdapat dalam skripsi ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu Indah Januarti yang merupakan owner dari Indahjeje_.

Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan mengenai strategi komunikasi pemasaran dalam menarik minat pembeli, Indahjeje_ menerapkan teori bauran pemasaran 4P yang tediri dari product, price, plate, dan promotion dalam meningkatkan penjualannya. Toko online @indahjeje ini menjual produk alat-alat rumah tangga, alat-alat kosmetik, dan fashion pakaian sehingga pernah mencapai omset 30 juta perbulannya yang dimana Indahjeje_ yang mempunyai nama lengkap Indah Januarti ini merupakan seorang mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Fisipol Universitas Muhammadiyah Mataram.

Published
2021-10-18
How to Cite
Hamdi, H. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran “Indahjeje_” dalam Menarik Minat Pembeli Melalui Instagram di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 6(2), 11-16. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/918