Analisis Implementasi Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga
Abstract
Pelayanan publik (public service) merupakan salah satu perwujudan dari fungsi pada aparatur negara sebagai abdi masyarakat, pelayanan public dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat atau warga negara. Salah satu pelayanan publik yang sangat penting bagi masyarakat yaitu pembuatan kartu keluarga (KK). Kelancaran pelaksanaan tugas dalam pelayanan publik pembuatan KK di desa/kelurahan sangat bergantung pada kinerja pegawai hingga tercapainya kemudahan dalam mengambil data dari desa/kelurahan untuk membuat KK, sehingga data masyarakat yang sudah terkumpul cepat diproses, sehingga tidak memakan waktu, tenaga, dan dana, dan tidak terjadinya penumpukan data sehingga membuat masyarakat harus mengulang lagi untuk mengumpulkan data. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Nusa Tenggara Barat khususnya di lingkungan kantor Desa Teko, Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur. Dalam penelitian ini sumber data yang dipakai adalah sumber data primer berupa wawancara dan sumber data sekunder berupa dokumentasi dan observasi. untuk mewujudkan analisis implementasi pelayanan yang baik di desa teko. pemerintah Desa Teko sudah melakukan koordinasi pemimpin dengan bawahan, ataupun bawahan dengan pemimpin sudah berjalan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan dan koordinasi telah dilaksanakan secara rutin melalui rapat dan pengecekan langsung di lapangan melalui pelayanan terhadap masyarakat. Pemerintah desa teko juga mengadakan penyuluhan pada masyarakat untuk mengetahui apakah masyarakat sudah rata mempunyai kartu keluarga atau belum.
Copyright (c) 2023 Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan dan Administrasi Publik)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

.png)
.png)





