Analisis E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik

  • Indah Puji Lestari
  • Lalu Moh. Nazar Fajri

Abstract

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengoptimalkan pelayanan publik melalui e-government. Peningkatan mutu pelayanan publik merupakan salah satu misi dari Pemerintah Kabupaten Lombok Timur: ‘’Mendorong Reformasi Birokrasi Pemerintah Desa, Kecamatan, dan Kabupaten Menuju Aparatur yang Bersih, Berorientasi Kepada Pelayanan Publik’’ yang bertujuan mewujudkan reformasi birokrasi yang sungguh-sungguh dalam rangka tata kelola pemerintah yang baik, bersih, dan berorientasi pada pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan e-government dalam meningkatkan pelayanan publik dan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan e-government dalam pelayanan publik, berdasarkan indikator pengembangan e-government yaitu: Support, Capacity, dan Value, skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Opini dan Informasi Publik, Kepala Seksi Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi dan 5 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan kebijakan e-government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Dinas Kominfo Kab. Lombok Timur mulai mengalami peningkatan pada pelayanan walaupun masih ada terdapat beberapa kekurangan yakni terbatasnya sumberdaya yang dimiliki, kurangnya sosialisasi kebijakan kepada masyarakat.

Published
2023-02-16
How to Cite
Lestari, I., & Fajri, L. M. (2023). Analisis E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan Dan Administrasi Publik), 8(02), 10-23. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/sikap/article/view/1437